Rabu, 28 April 2010

Mencari Indentitas pada Jejaring Sosial Facebook

Pada tugas Keamanan Informasi saya mendapat tuags sebagai berikut.
Dikisahkan Anda diteror oleh seseorang di rekening Facebook Anda. Misalnya Anda menerima message dari orang yang tidak dikenal secara berulang-ulang, atau orang tersebut menuliskan pesan yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Anda mengetahui siapa orang ini?

Dalam kasus lain, Anda diminta untuk mencari tahu siapa yang membuat sebuah group tanpa ikut menjadi anggota dari group tersebut. Bagaimana caranya?

Singkatnya Anda diminta untuk melakukan investigasi terhadap rekening facebook. Uraikan ide-ide Anda.
Untuk kedua kasus di atas, saya rasa akan lebih mudah untuk mencari informasi dengan menggunakan sosial engineering.
Untuk kasus pertama, saya asumsikan bahwa orang tersebut tidak dengan sengaja membuat akun palsu untuk meneror saya.
Maka pertama-tama saya akan mencari dan melacak segala informasi mengenai orang tersebut dari info pada facebooknya. Jika saya memiliki mutual friend dengan orang tersebut, maka saya juga akan menanyakan orang tersebut kepada teman-temannya yang saya kenali.
Jika informasi yag didapatkan belum cukup, maka saya akan menggoogling nama orang tersebut.
Selain itu saya juga akan membuat akun palsu pada berbagai forum seperti kaskus dan rileks untuk mencari tahu apakah ada anggota forum yang mengenali orang tersebut.

Untuk kasus kedua, pertama-tama saya akan mencari informasi mengenai grup tersebut terlebih dahulu, karena pembuat grup pasti memiliki keterkaitan dengan grup tersebut. Setelah itu, saya akan menghubungi beberapa anggota grup untuk menanyakan informasi mengenai pembuat grup.

Seperti itulah yang kira-kira akan saya lakukan. Namun semoga saya tidak perlu melakukan hal di atas, karena saya tidak ingin berurusan dengan peneror. Hehee..=p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar