Selasa, 16 Maret 2010

Steganography

Dalam bahasa Yunani, steganos berarti tulisan tersembunyi (covered writing).
Steganography adalah ilmu dan seni menyembunyikan (embedded) informasi dengan cara menyisipkan pesan rahasia di dalam pesan lain. Pesan lain tersebut pada umunya berupa gambar, artikel, lagu, video, dan lain-lain.
Steganography memiliki beberapa properti sebagai berikut:
- Embedded message (hiddentext) : pesan yang disembunyikan, dapat berupa teks, gambar, audio, video, dll.
- Cover-object (covertext) : pesan yang digunakan untuk menyembunyikan embedded message. Sama halnya dengan embedded message, cover-object dapat berupa teks, gambar, audio, video, dll.
- Stego-object (stegotext) : pesan yang sudah berisi embedded message.
- Stego-key : kunci yang digunakan untuk menyisipkan pesan dan mengekstraksi pesan dari stegotext.

Steganography sudah diterapkan sejak zaman dahulu kala. Sebagai contoh, pada saat perang antara Yunani dan Persia, pesan rahasia disembunyikan dengan cara menuliskan pesan tersebut di meja, kemudian melapisi meja tersebut dengan lilin.
Selain itu, pada jaman Histalaeus, pesan dituliskan dalam bentuk tato di kepala budak yang telah digunduli sebelumnya. Kemudian setelah rambut budak tersebut tumbuh kembali, baru lah sang budak dikirimkan ke tempat pesan tersebutditujukan.
Cara lain yaitu dengan menggunakan tinta tak tampak (invisible ink). Tinta dibuat dari campuran sari buah, susu, dan cuka. Tulisan dengan menggunakan tinta tersebut baru akan terlihat jika kertas yang ditulisi dengan tinta tersebut dipanaskan.

 

Pada era modern seperti saat ini, dikenal istilah digital steganography, yaitu steganografi pada data digital dengan menggunakan komputer. Contoh penggunaan steganografi digital adalah pada digital watermarking.

Berikut ini adalah contoh steganografi yang telah saya buat.


Hehehe..just a simple stegano right? (blush)
Kalian pasti bisa membaca pesan tersembunyi dari gambar di atas.
Jika masih bingung bagaimana membacanya, minggu dpg akan saya beri tahu bagaimana membaca pesan rahasia tersebut. Just wait and relax.. ;)

See yaa..(^^,)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar